Selasa, 06 Oktober 2009

Atara jadi Diri Sendiri atau menjadi Sebagaimana Kita ingin dinilai Orang Lain

setelah mengarungi bahtera hidup selama 20 tahun, gw pengen berbagi ni tentang yg ada dalam otak gw tentang sikap dan sifat yg ditunjukkan oleh manusia di dunia ini..

dalam pikiran gw selama ini ada dua pilihan untuk manusia bersikap.,
dan memilih antara 2 tersebut emg ga mudah ternyata...

*pertama: benarbenar jadi diri lo sendiri., tanpa pengaruh apapun., hanya bersikap dan bersifat sesuai kehendak dan kenyamanan lo aja..
*kedua: bersikap sebagaimana lo ingin dinilai orang lain.., kalo kita pengen dinilai sbg orang peduli., kita menunjukkan sikap peduli...dsb..

keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masingmasing..

*yg pertama: dengan sikap yg pertama tentu kita akan merasa nyaman sepenuhnya dengan diri kita., tapi berpotensi untuk membuat orang lain tak nyaman dengan kita..
kita menunjukkan apa adanya diri kita tanpa dibuatbuat sama sekali.., ga ada beban dlm mnunjukkan sikap., karena kita tak pernah bersandiwara., tapi setiap orang pasti memiliki kekurangan pada sikapnya yg takkan mungkin ditutuptutupi jika kita memilih "jalan" yg pertama., yg mungkin akan membuat penilaian yg "agak sedikit" negatif terhadap kita..

*yg kedua: dengan sikap yg kedua, kita akan mendapat tanggapan sikap yg, setidaknya mendekati, sesuai dengan yg kita harapkan dari orang lain..
orang lain akan memperlakukan kita "sesuai" dengan yg kita kehendaki..
tapi., pada sikap kedua ini kita kemungkinan besarnya akan mendapat tekanan yg "lumayan" besar dari dalam diri kita sendiri...
"jiwa" kita bisa aja berkata: ini bukan gw...!! gw ga mau jadi bgni..
tapi ternyata kita "mungkin" butuh untuk bersikap "yg kedua" ini..
tuntutan lingkungan., atau bahkan cita-cita...

yyaaahh..., ampe sekarang gw juga bingung sebenernya gw harus milih yg mana antara 2 jalan ini.., kadang gw pake "jalan pertama" karena ini emg nyaman bwt dijalanin., tapi tekadang gw harus pake "jalan kedua" karena tuntutan lingkungan dan citacita gw...

pernah merasa hal yg sama.?:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar